Manfaat Tersembunyi Lidah Buaya yang Jarang Diketahui

DAYA TAHAN | 08 NOVEMBER 2017
SHARE
8

Manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan dan kesehatan rambut telah lama diketahui selama ribuan tahun. Lendirnya pun dapat digunakan untuk mengobati Anda dari luka bakar. Namun, tak semua orang tahu bila lidah buaya menyimpan khasiat selain mempercantik rambut dan menyejukkan kulit. Apa Anda salah satu orang yang penasaran dengan benefit lain dari tanaman ini? Simak daftarnya berikut ini.

Menangani iritasi

Gangguan pada kulit seperti eksim, rosacea, hingga psosiaris tidak pelak menimbulkan frustrasi karena cukup sulit ditangani. Jika Anda ingin menggunakan obat alami yang minim akan efek samping, tak ada salahnya memanfaatkan lidah buaya dengan mengoleskan gelnya ke permukaan kulit secara teratur.

Melembapkan kulit

Penelitian dari The Indian Journal of Dermatology membuktikan lidah buaya sarat akan vitamin A, C, E, hingga antoksidan dan mineral untuk mengikat sel kulit. Manfaat ini akan melembutkan lapisan luar kulit sekaligus memperbaikinya. Anda yang punya kulit kering dapat memakai lidah buaya sebagai pelembab.

Anti-penuaan dini

Sebuah studi dari The Annals of Dermatology menunjukkan lidah buaya bersifat anti-penuaan dini berkat fungsinya dalam meningkatkan produksi kolagen. Kemudian, aloe vera juga mengandung zink yang bisa mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, hingga melembapkan kulit Anda.

 Mengusir jerawat

Gangguan kulit seperti jerawat akan teratasi bila Anda memoleskan lidah buaya secara berkala. Hal ini dikarenakan aloe vera mempunyai kandungan asam salisilat yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, lidah buaya juga akan membuat wajah Anda lebih bersinar dan bersih.

Krim tropikal alami

Pelembap mahal Anda tidak memberikan hasil optimal? Alih-alih membuangnya, campurkan saja dengan lidah buaya sebagai bahan tambahan. Kandungan fitokimia dari tanaman ini akan menimbulkan penetrasi pada lapisan kulit lebih dalam sekaligus meningkatkan efektivitas pada losion, krim, hingga obat tropikal.

Menjaga kekebalan tubuh

Tak hanya diaplikasikan pada kulit, lidah buaya juga sekarang sudah bisa Anda konsumsi dalam bentuk minuman maupun suplemen. Menyantap aloe vera terbukti meningkatkan penyerapan mineral esensial dan vitamin, sehingga daya tahan tubuh Anda pun tetap stabil.

Meluruhkan plak gigi

Jika Anda sering menggunakan obat kumur untuk membersihkan rongga mulut, pertimbangkan lagi. Kandungan alkoholnya membuat mulut kering hingga lebih sensitif. Ganti dengan lidah buaya yang telah terbukti mampu meluruhkan plak atau karang gigi secara alami.

Hasil dari pemakaian lidah buaya mungkin tidak akan terasa secepat produk dari mobil. Akan tetapi, aloe vera nyaris tidak menimbulkan efek samping dan memberikan hasil lebih maksimal. Kuncinya, Anda tetap konsisten menerapkannya dan bersabar. Imbangi pula dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang.

rutin olahraga nafsu makan

Lifehacks!

komentar

0 komentar