Ini Lho Manfaat Menakjubkan dari Bawang Putih

DAYA TAHAN | 15 NOVEMBER 2017
SHARE
10

Bawang putih yang selama ini kita kenal sebagai bumbu dapur dan penyedap ternyata menyimpan banyak khasiat tak terduga. Kandungan allicin dan senyawa yang terdapat pada bawang putih bersifat anti-jamur dan anti-bakteri. Allicin merupakan senyawa aktif tak stabil yang efektif membunuh kuman penyebab infeksi dan mikroba.

Penasaran dengan benefit lain dari bawang putih yang selama ini belum diketahui banyak orang? Simak faktanya berikut ini!

  • Mencegah dan menangani flu

Antioksidan pada bawang putih berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya, rajang bawang putih dalam air panas selama beberapa menit sampai mendidih, lalu tiriskan dan minum. Untuk memperkaya rasa atau menyamarkan bau, tambahkan jahe dan madu ke dalam seduhan tersebut.

  • Menurunkan peluang psoriasis

Psoriasis adalah peradangan kronis yang bersifat autoimun. Lalu, bawang putih yang mempunyai sifat anti-inflamasi dipercaya mampu meredakan penyakit tersebut. Cukup gosokkan minyak bawang putih ke permukaan kulit untuk membebaskannya dari ruam.

  • Mengendalikan berat badan

Sebuah studi membuktikan bahwa berat maupun lemak tubuh seekor tikus berkurang berkat menyantap makanan yang sarat bawang putih. Kita yang sedang merancang program penurunan berat badan dapat memanfaatkan bumbu dapur tersebut dalam hidangan yang akan dikonsumsi.

  • Meredakan dampak cold sores

Lepuhan-lepuhan kecil menyakitkan yang muncul di sekitar wajah, hidung, dan mulut merupakan kondisi yang disebut dengan cold sores. Supaya gangguan ini berkurang, kompres bawang putih yang sudah kita hancurkan ke bagian-bagian yang terkena cold sores.

  • Mengurangi rambut rontok

Allicin yang terkandung dalam bawang putih bisa kita manfaatkan juga untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok. Caranya, gosok potongan bawang putih ke kulit kepala dan peras cairan dari bawang untuk benefit lebih besar. Kita juga dapat menambahkan minyak dan memijitnya ke kulit kepala.

  • Menangani infeksi telinga

Seperti yang telah disebutkan, allicin yang bersifat anti-mikroba memungkinkan bawang putih untuk mengobati kita dari infeksi telinga maupun infeksi lainnya. Letakkan sepotong bawang putih yang sudah diikat benang, lalu masukkan ke rongga telinga. Tarik ke luar setelah kita merasa tak nyaman.

  • Memurnikan darah secara alami

Memurnikan darah secara alami untuk mengatasi pemicu jerawat dapat kita terapkan dengan bawang putih. Caranya, gunakan dua siung bawang putih yang bersama air hangat setiap hari dan konsumsi di pagi hari. Barengi juga dengan minum air putih.

bawang putih

Lifehacks!

komentar

0 komentar