Fakta, Jus Tempe Lebih Sehat dari Yoghurt

DAYA TAHAN | 25 JULI 2017
SHARE
2136

Pernahkah Anda membayangkan minum segelas jus tempe? Jenis makanan ini biasanya populer untuk teman makan nasi dan lauk. Pada umumnya, tempe dimasak dengan cara digoreng, direbus, masak bacem kecap, tumis dengan sayuran, atau bahkan dibakar. Namun, ternyata ada juga lho jus tempe!

Banyak Gizinya

Tempe merupakan jenis makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi sehingga ditumbuhi oleh jamur baik. Rasanya yang gurih dan lezat membuat banyak orang sangat suka dengan tempe. Bahkan makanan ini juga sangat populer di luar negeri dan menjadi makanan mahal karena dianggap sehat.

Nah, selain diolah menjadi aneka menu masakan, tempe juga bisa dijadikan jus dimana memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada banyak sekali kandungan hebat di dalamnya seperti protein nabati, lemak, serat, kalsium, vitamin B1, karoten, fosfor, zat besi, dan lain sebagainya. Jadi, tak heran jika tempe menjadi makanan yang cocok sekali untuk pelaku diet dan gaya hidup sehat.

Lebih Sehat dari Yogurt

Yang lebih mengejutkan adalah fakta dimana jus tempe jauh lebih sehat dibandingkan dengan segelas yogurt segar. Minuman olahan susu yang satu ini sangat terkenal sekali dengan manfaatnya yang bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena di dalam yogurt terdapat bakteri baik. Akan tetapi, ternyata kehebatan dari yogurt dapat dikalahkan oleh tempe.

Pada jus tempe tedapat prebiotk hidup seperti pada yogurt bernama asam laktat. Mikroba inilah yang sangat bagus sekali untuk pencernaan. Jika tempe dibuat jus mentah-mentah maka prebiotik akan tetap hidup, sedangkan jika digoreng atau dimasak maka prebiotik tersebut akan mati. Bahkan seorang guru besar dari IPB (Institut Pertanian Bogor) menyarankan agar tempe dijus bersamaan dengan aneka buah-buahan segar seperti mangga, buah naga, pisang, dan bahkan kurma. Selain adanya prebiotik hidup yang baik, tempe juga mengandung gizi tinggi setara daging ayam dan sapi lho!

Nah, sekarang Anda sudah tau jika jus tempe ternyata jauh lebih sehat ketimbang yogurt segar. Tidak ada salahnya kan jika Anda mencoba resep jus tempe untuk menu sarapan di pagi hari? Bisa juga dicampur dengan aneka buah manis sesuai dengan kesukaan masing-masing.

jus tempe Yoghurt

Lifehacks!

komentar

0 komentar