Bukan Haus, Garam Ternyata Membuat Kita Jadi Lapar

DAYA TAHAN | 09 MEI 2017
SHARE
392

Banyak yang beranggapan garam bisa menyebabkan haus. Hal ini cukup beralasan. Garam mengandung sodium yang cukup tinggi, dan bisa mengikat cairan dalam tubuh. Kondisi inilah yang membuat garam bisa membuatmu haus.

Walaupun begitu, harus diakui jika kabar yang menyebut garam bisa menyebabkan mudah haus dan membuatmu kehilangan banyak cairan, masih masuk dalam kategori mitos. Alasannya, hingga kini memang belum penelitian ilmiah yang berhasil membuktikannya.

Sementara itu, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation, menemukan fakta lain tentang garam. Alih-alih membuat haus, dilansir dalam menshealth, garam justru terbukti bisa membuatmu mudah lapar.

Uniknya, hasil penelitian ini didapat secara tidak sengaja. Pasalnya, sebelumnya para peneliti berniat untuk meneliti seberapa banyak air yang dibutuhkan oleh para astronot ketika mereka melakukan perjalanan ke planet Mars.

Setelah itu, mereka pun kemudian melakukan sebuah simulasi dengan memakai 10 volunter yang seolah-olah melakukan perjalanan nyata menuju Mars selama 105 hari dan 205 hari.

Baca Juga: HerbaKOF, Ampuh Redakan Batuk dan Melegakan Tenggorokan

Selama perjalanan tersebut, para peneliti pun memberi para volunter tersebut makanan yang sama, tapi dengan kadar keasinan yang berbeda-beda. Proses ini terus dilakukan selama beberapa minggu, dan hasilnya terus dicatat sebagai perbandingan.

Hasilnya, para volunter yang mengonsumsi banyak garam, mereka lebih banyak kencing ketimbang volunter yang mengonsumsi makanan rendah garam. Uniknya, alih-alih dehidrasi, justru mereka yang konsumsi makanan tinggi garam, ginjalnya malah mampu menyimpan lebih banyak air.

Apakah ini dampak positif? Ternyata belum tentu. Pasalnya, mekanisme ini telah membuat para volunter menghabiskan banyak kalori. Alhasil, para volunter yang mengonsumsi makanan tinggi garam, justru cenderung lebih cepat lapar ketimbang mereka yang konsumsi makanan rendah garam.

Dengan fakta ini, para peneliti pun akhirnya menyimpulkan jika garam tidak membuat haus, tapi justru membuat kamu lebih mudah lapar. Secara tidak langsung, penelitian ini pun membuktikan jika garam bisa membuatmu mudah haus, hanyalah mitos!

Walaupun begitu, perlu dilakukan penelitian lainnya yang lebih dalam untuk memastikan efek garam terhadap pola makan dan cairan dalam tubuh. Well, bagaimana menurutmu?

home-featured garam

Lifehacks!

komentar

0 komentar