Berendam Air Panas Punya Manfaat Setara Olahraga, Benarkah?

DAYA TAHAN | 28 MARET 2017
SHARE
99

Apa kamu hobi berendam air panas? Jika iya jangan hentikan hobimu itu karena menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Temperature mengungkapkan bahwa mandi air panas ternyata bisa membakar kalori sekaligus bisa membantu menurunkan kadar gula darah setara dengan berolahraga.

Steve Faulkner, PhD, seorang ahli fisiologi olahraga bersama teman-teman peneliti lainnya meneliti 14 pria untuk melihat bagaimana mandi air panas berpengaruh pada gula darah dan pembakaran kalori. Penelitian tersebut menemukan, 1 jam berendam air panas bisa membakar kurang lebih 140 kalori pada tiap orang. Jumlah tersebut setara dengan jumlah kalori yang dibakar seseorang berjalan selama sekitar 30 menit.

Tidak hanya itu, gula darah yang naik setelah makan ternyata lebih bisa turun saat mandi air panas dibandingkan saat mereka olahraga.

Baca Juga: Stimuno, Solusi Terbaik Tingkatkan Imun Tubuh

Tapi sayangnya, sampel atau responden dalam penelitian itu juga hanya 14 orang dewasa yang semuanya pria. Belum ada responden wanita yang dilibatkan dalam penelitian serupa. Karena itulah Faulkner berharap melakukan studi yang serupa terhadap wanita segera, agar hasil penelitian dirinya bersama dengan teman-teman penelitinya bisa lebih valid hasilnya.

Walaupun hasil riset ini cukup menarik, fakta ini tidak bisa dijadikan alasan bagi kita untuk tidak berolahraga. Kenapa? Karena banyak sekali manfaat yang hilang ketika kita tidak berolahraga atau melewatkan waktu olahraga. Olahraga mampu melindungi tubuh kita dari beberapa penyakit-penyakit, panjang umur, melatih sekaligus membangun otot dan banyak lagi manfaat kesehatan lainnya.

Selain berendam air panas, tetaplah berolahraga karena salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita adalah menjalani gaya hidup sehat yang salah satunya adalah berolahraga. Selain berolahraga, agar kesehatan terjaga, rutinlah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Lifehacks!

komentar

0 komentar