Benarkah Kebiasaan Cium Aroma Makanan Bisa Bikin Gemuk?

DAYA TAHAN | 07 AGUSTUS 2017
SHARE
107

Apakah Anda memiliki kebiasaan unik seperti mencium aroma makanan? Ini menjadi sesuatu hal unik dan menyenangkan karena Anda bisa merasakan rasa makanan dengan bau dan aroma harum yang dikeluarkan oleh makanan tersebut. Banyak orang yang berpendapat bahwa mencium aroma makanan tak berdampak bagi kesehatan. Tetapi, ada yang mengklaim bahwa kebiasaan ini mampu membuat tubuh menjadi jauh lebih gemuk. Benarkah ini?

Dampak Mencium Aroma Makanan

Mencium aroma makanan yang sedap dan harum ternyata berdampak pada nafsu makan Anda. Dari inilah berat badan Anda bisa bertambah. Kenapa? Saat Anda mencium aroma  makanan yang harum pastinya akan menggugah selera dan nafsu makan. Anda memiliki kecenderungan untuk ingin makan makanan tersebut karena tergoda dengan bau harum yang ditimbulkan oleh makanan tersebut.  Selain itu kebiasaan ini juga bisa membuat tubuh menimbun banyak lemak dibandingkan Anda tak mencium aroma makanan tersebut.  Tubuh akan bereaksi untuk tidak membakar lemak tersebut. Hal inilah berdampak pada berat badan Anda yang pastinya semakin meningkat.

Hubungan Erat Antara Aroma Makanan dan Nafsu Makan

Indera penciuman ternyata berdampak signifikan terhadap nafsu makan seseorang. Bahkan bisa dibilang melebihi daripada indera penglihatan pada manusia. Aroma dari makanan yang sedap dan harus ternyata juga mampu mempengaruhi kondisi tubuh dalam memproses makanan. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang mana indera penciuman tajam akan berpengaruh terhadap nafsu makan. Nafsu makan yang meningkat akan membuat Anda makan lebih sering dan banyak. Dengan kondisi ini, maka secara otomatis berat badan Anda akan menjadi meningkat.

Aroma makanan yang sedap dan enak akan merangsang nafsu makan Anda. Hal ini pastinya berdampak terhadap peningkatan nafsu makan yang tak terkontrol yang membuat kalori dalam tubuh semakin melonjak naik dan meningkat. Bahkan terkadang seseorang akan mengalami food addicted. Apa itu? Seseorang akan mengalami kecanduan makanan saat mencium aroma makanan tertentu. Jadi, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan mencium aroma makanan yang sedap karena ini akan merangsang nafsu makan Anda.

gemuk

Lifehacks!

komentar

0 komentar