Benarkah Meniran Bisa Bantu Penyembuhan Hepatitis B?

DAYA TAHAN | 10 MEI 2017
SHARE
1564

Walaupun masih banyak orang yang menganggapnya sebagai rumput liar biasa, tapi fakta menyebut jika daun meniran memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan. Salah satunya efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menguncinya tetap berada di titik maksimal.

Meniran alias Phyllanthus Urinaria, merupakan tumbuhan semak dan biasanya tumbuh liar di pinggiran kampung. Tanaman yang masih tergolong keluarga phyllan taceae ini punya ciri khas, batang bulat basah, dengan ketinggian maksimal hanya 50 cm saja.

Secara fisik, tanaman ini mirip dengan rumput malu. Biasanya meniran tumbuh subur di daerah tropis, baik di atas tanah berair ataupun daerah tanah berpasir.

Mengenai kandungannya, meniran diketahui mengandung kalium, zat samak, phyllan thin, niran thin, quercetin, asam ascorbic, asam ricinoleic, dammar, hidroksinirantin, neolignan dan lainnya, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: HerbaKOF, Ampuh Redakan Batuk dan Melegakan Tenggorokan

Mengobati hepatitis

Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sifatnya sebagai immunomodulator, ternyata sejumlah penelitian pun berhasil membuktikan jika tumbuhan meniran pun efektif membantu memaksimalkan proses pengobatan penyakit hepatitis B.

Bahkan untuk membuktikan hal ini, sejumlah penelitian pun dilakukan. Salah satunya penelitian yang di lakukan di Jepang dan India, yang menyebut kandungan senyawa seperti hipofilantin, filantin dan triakontanal dalam meniran, berperan penting mengatasi penyakit hepatitis B.

Terus gimana cara mengolahnya?

Sebenarnya cukup sederhana, bahkan bisa dibilang sama seperti cara mengolah meniran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yakni, 50 gram daun meniran dibersihkan diri, kemudian direbus dalam 4 gelas air bersih. Rebus terus hingga airnya tersisa tinggal 2 gelas saja.

Setelah selesai, dinginkan dan saring airnya. Ramuan ini bisa kamu konsumsi sebanyak 2 kali per hari, pagi dan sore hari. Lakukan cara ini hingga penyakit hepatitis B yang kamu idap berhasil sembuh.

Dalam penelitian yang dilakukan di Jepang dan India tersebut, air rebusan daun meniran terbukti efektif membantu memaksimalkan proses pembuangan toksin atau racun dalam hati. Tapi ingat, konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencoba metode pengobatan ini.

daya tahan tubuh

Lifehacks!

komentar

1 komentar

  • metha loviana 25 Mei 2017

    Hebat sekali meniran..