Sering Nyeri Haid, Adakah Herbal yang Bisa Menggantikan Painkiller?

KONSULTASI | 16 FEBRUARI 2016
SHARE
66

Haid merupakan rutinitas yang harus diterima oleh kaum hawa seluruh dunia. Tentu saja ini harus diterima dan tidak dijadikan beban. Pasalnya haid sendiri merupakan pintu keluarnya racun dalam tubuh yang selama ini hinggap dalam tubuh para wanita.

Tapi sayang, menjelang haid, banyak wanita yang mengeluhkan rasa sakit melilit di perut, yang terkadang tidak hanya mengganggu aktivitas, tapi rasa sakitnya bikin wanita kelonjotan. Selain itu, di masa ini pun wanita akan cenderung lebih sensitif, mudah lelah dan sering mengalami pusing.

Lantas, ada nggak sih cara ampuh untuk menangkal rasa sakit ini?

Tentu saja ada, selain mempertahankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan begizi dan rutin berolahraga, kamu pun bisa mengatasi siksaan PMS ini dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti ramuan kunyit asam yang sudah lama digunakan para wanita untuk menghadapi sakitnya PMS.

Ramuan ini sensiri bisa dibuat sendiri dengan campuran parutan kunyit, asam jawa, temulawak, daun dewa, madu dan kayu manis. Setelah itu, rebus semua bahan alami tersebut dalam air mendidih, dan konsumsi 2 kali sehari selama haid.

Selain itu, perbanyak konsumsi protein tinggi, seperti makanan olahan kacang kedelai, dari mulai susu kedelai, tahu, dan tempe, susu, konsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi, seperti daging merah, ati dan bayam.

Jangan lupa untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam, seperti junk food, gorengan dan lainnya, konsumsi air dalam jumlah yang cukup, dan lakukan olahraga secara teratur, atau kamu pun bisa melakukan senam khusus menstruasi.

Jika rasa sakit tersebut tidak tertahankan, untuk sementara kamu bisa melakukan pengompresan area bawah perut dengan menggunakan botol atau kantong karet yang berisi air hangat. Alternatif lainnya, kamu pun bisa mengompres perut dengan handuk yang dicelupkan kedalam air hangat.

Jika cara-cara tersebut sudah dilakukan, dan derita PMS ini tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ingat, jangan remehkan PMS. Walaupun ini normal, kamu harus segera mengatasinya agar masa mentruasi tidak mengganggu aktivitas kamu.

herbal konsultasi mengatasi nyeri haid

Lifehacks!

komentar

0 komentar