Sering Kram Saat Tidur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

KONSULTASI | 11 JANUARI 2016
SHARE
129

Masalah kram ketika tidur bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan masalah kecil yang menjengkelkan ini akan membuat anda merasa kesakitan, dan akhirnya malas untuk tidur kembali. Alhasil, insomnia pun siap menyergap anda.

Apa sih sebenarnya penyebab kaki kram tersebut?

Banyak sekali penyebab kenapa kram kaki ini sering menyerang ketika tidur, salah satu yang paling populer adalah, karena anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung potasium atau kalium. Untuk mengatasinya, tentu saja anda harus meningkatkan asupan makanan tersebut, salah satunya adalah pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali keistimewaan, salah satunya adalah kandungan kaliumnya yang sangat tinggi, yang berfungsi untuk memaksimalkan pembentukan sel dalam tubuh, memaksimalkan pembentukan organ dalam tubuh, dan pembentukan jaringan tubuh.

Tidak hanya itu, kalium pun memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung, memaksimalkan fungsi otak, ginjal dan menjaga kestabilan jaringan otot, sehingga anda tidak mudah mengalami kram ketika tidur.

Selain pisang, ada beberapa makanan alternatif yang bisa anda pilih sebagai asupan utama sumber kalium, seperti sea food, kacang-kacangan, buah alpukat, pepaya, kentang, kurma, dan yoghut. Walaupun begitu, pisang tetap yang paling tinggi dalam hal kandungan kalium.

Penyebab lain kram ketika tidur

Selain kekurangan konsumsi makanan yang mengandung kalium, kram otot ketika tidur pun bsia terjadi karena banyak hal. Seperti dilansir dalam Yahoo Health, berikut merupakan beberapa penyebab kenapa kram kaki bisa menyerang anda ketika tidur.

  • Berdiri terlalu lama, terlebih diatas lantai yang keras.
  • Duduk terlalu lama
  • Olahraga atau melakukan aktivitas fisik diluar kemampuan tubuh (berlebih)
  • Kekurangan konsumsi makanan mengandung potasium atau kalium, magnesium dan kalsium
  • Kurang konsumsi air putih yang menyebabkan dehidrasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat penurun tekanan darah, pil KB, obat yang bersifat diuretik, statin dan steroid.

Dalam beberapa kasus, kram kaki ini bisa menjadi pertanda masalah medis yang lebih serius, seperti penyakit Addison, hipotiroidisme, diabetes, alkoholisme, gagal ginjal kronis, dan parkinson. Untuk itu, jika kram kaki ini dirasa tidak normal, dan frekwensinya terlalu banyak, segera periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

konsultasi kram mengatasi kram

Lifehacks!

komentar

0 komentar