Benarkah Kumur Air Sirih Bisa Membantu Sembuhkan Sariawan?

KONSULTASI | 01 JANUARI 2016
SHARE
75

Ketika anda mencari pengobatan herbal untuk mengatasi masalah sariawan, pasti anda akan banyak menemukan saran untuk menggunakan air seduhan sirih sebagai obat kumur. Cara ini konon katanya ampuh menekan pertumbuhan bakteri, dan membunuh kuman penyebab sariawan.

Yang jadi pertanyaan, benarkah ini?

Seperti kita ketahui jika daun sirih bisa digunakan sebagai antiseptik alami untuk membunuh segala macam kuman dan bakteri. Hal inilah yang kemudian membuat daun sirih sangat efektif untuk digunakan sebagai obat luar, termasuk digunakan sebagai obat kumur penghilang sariawan.

Tidak hanya itu, sifat antiseptik alami yang dimiliki daun sirih pun sangat ampuh untuk membersihkan daerah kewanitaan, mengatasi keputihan dan menghilangkan bau tidak sedap, baik di mulut ataupun di area kewanitaan.

Dengan kata lain, klaim daun sirih ampuh untuk mengatasi sariawan, memang benar adanya. Hanya saja, perawatannya tidak bisa dilakukan hanya sekali. Anda harut rutin berkumur dengan air rebusan daun sirih, minimalnya dua kali sehari. Lakukan pengobatan ini hingga sariawan anda sembuh.

Manfaat lain daun sirih

Tidak hanya mengatasi sariawan, mencegah keputihan dan menghilangkan bau tidak sedap saja, ternyata daun sirih pun memiliki manfaaat lainnya, salah satunya untuk menurunkan kadar gula dalam darah, menambah nafsu makan, menghaluskan kulit dan mengobati jerawat.

Selain digunakan sebagai obat kumur, daun sirih pun bisa anda gunakan sebagai minuman kesehatan. Cara membuatnya sendiri cukup mudah, anda bisa merebus daun sirih, kemudian angkat dan campurkan dengan madu, jeruk nipis dan jahe agar rasanya lebih nikmat.

Pencegahan

Setelah sembuh, jangan lupa untuk melakukan upaya pencegahan dengan cara rutin berkumur dengan menggunkana daun sirih. Lagian, daun sirih bisa membuat nafas anda terasa lebih segar, dan menangkal datangnya si bau mulut.

Jangan lupa konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dan konsumsi buah-buahan segar, terutama buah-buahan yang menagndung vitamin C. Pasalnya, datangnya sariawan merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan asupan vitamin C.

Jika anda tidak suka makan buah-buahan, setidaknya konsumsi suplemen vitamin C secara rutin. Tapi ingat, konsultasikan dulu dengan dokter untuk emngetahui suplemen apa yang cocok untuk anda konsumsi. Selamat mencoba!

Lifehacks!

komentar

0 komentar