Apa yang Sebaiknya Dilakukan Jika Flek Tidak Kunjung Berhenti?

KONSULTASI | 06 JANUARI 2016
SHARE
67

Sebenarnya, flek atau bercak merah kecoklatan (spotting) setelah berakhirnya masa haid, merupakan hal yang normal, bahkan hal ini dialami oleh banyak wanita. Tapi ingat, bukan berarti bercak flek ini bisa disepelekan, apalagi jika flek ini terus keluar dalam waktu yang cukup lama.

Mengenai penyebabnya sendiri, banyak pakar kesehatan jika flek pasca haid disebabkan karena perubahan hormonal yang umumnya dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya saja karena aktivitas yang berlebihan, atau perubahan bobot tubuh badan yang terlalu drastis.

Untuk flek yang normal, biasanya terjadi maksimal selama 3 hari setelah masa haid selesai. Tapi jika lebih dari itu, kondisi ini bisa disebut tidak wajar, terlebih kalau flek ini disertai dengan datangnya gejala keputihan yang bercampur dengan gumpalan darah.

Walaupun belum bisa dipastikan, tapi jika flek ini datang dengan disertai gejala keputihan yang bercampur gumpalan darah, kondisi ini bisa berindikasi adanya polip, tumor atau terdapat luka yang akhirnya menyebabkan perdarahan sulit berhenti.

Selain itu, keputihan yang disertai dengan gumpalan darah bisa juga disebabkan karena berbagai kemungkinan:

  • Pertama, spotting masih terjadi bersamaan dengan adanya Hal inilah yang kemudian menjadikan keputihan ini seolah gumpalan darah.
  • Kedua, kondisi ini bisa juga menandakan adanya proses perdarahan dalam organ reproduksi. Agar bisa mengetahuinya, sebaiknya cari dicari sumber utama perdarahan tersebut. Hal ini harus dilakukan untuk mendeteksi penyebab utamanya, sehingga bisa segera malakukan langkah pengobatan.
  • Ketiga, bisa saja ini merupakan tumor, polip atau terjadi infeksi dalam organ kewanitaan anda. Inilah yang paling ditakutkan. Maka dari itu, langkah pengobatan harus segera dilakukan untuk menghindari kemungkinan yang lebih parah.

Saran

Jika flek ini terus terjadi, sebaiknya segera pergi ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ingat, jangan sampai kondisi ini terus terjadi, apalagi hingga berbulan-bulan. Selain akan menghambat aktivitas anda, pembiaran ini pun sama saja dengan memberikan kesempatan penyakit untuk berkembang lebih parah lagi.

Sayangi diri anda, dan mulailah lebih peka lagi dengan segala perubahan yang terjadi pada tubuh anda. Penanganan cepat akan membuat proses penyembuhan lebih mudah dilakukan.

Lifehacks!

komentar

0 komentar