Amankah Ibu Menyusui Mengonsumsi Jamu Herbal?

KONSULTASI | 27 FEBRUARI 2016
SHARE
99

Selain ibu hamil dan anak-anak, kamu yang sedang dalam masa menyusui pun wajib selektif dalam memilih obat. Pasalnya, beberapa obat kimia memiliki efek samping yang akan membuat kelenjar air susu kamu mengering, dan lebih parahnya lagi bisa mempengaruhi kesehatan si kecil.

Terus bagaimana kalau kamu sampai sakit? Obat apa yang harus dikonsumsi?

Sebagai alternatif, jamu herbal merupakan solusinya. Misalnya, ketika air susu kamu kurang melimpah, ada beberapa jamu herbal yang bisa dipilih, seperti air rebusan daun katuk, yang sudah turun temurun ampuh meningkatkan produksi ASI.

Kalau kamu menderita sakit batuk, padahal masih dalam masa menyusui, kamu bisa memilih campuran antara madu dan jeruk nipis, atau tamuan jahe jeruk nipis. Ramuan alami ini sudah terbukti khasiatnya dalam menumpas batuk, dan sangat aman untuk ibu hamil, anak-anak dan wanita dalam masa menyusui.

Apakah jamu herbal benar-benar aman?

Tentu saja aman, dengan catatan, pastikan pengolahannya benar-benar dilakukan secara higienis, dan jangan ada tambahan bahan-bahan lainnya yang berpotensi membahayakan atau berisiko terhadap wanita yang sedang menyusui.

Kalau kamu memilih untuk membeli produk jamu herbal, pastikan jika produk yang kamu pilih bukan produk abal-abal. Lihat sertifikasinya, kalau sudah memiliki tiga tanda bintang daun dalam lingkaran, maka jamu herbal tersebut disa dikategorikan aman.

Kalau kamu masih ragu, coba baca kembali instruksi dalam kemasan jamu tersebut. kalau disanak dinyatakan aman untuk ibu hamil, dan menyusui atau tidak ada peringatan apapun, itu tandanya aman dikonsumsi. Cara lainnya, telpon nomor layanan yang biasanya tertera dalam kemasan produk tersebut.

Jika ternyata keraguan masih menyelimuti, cara paling ampuh adalah datangi dokter dan mintalah rujukan jamu herbal yang cocok untuk kamu konsumsi. Dengan cara ini, kamu pasti akan jauh merasa tenang dan tidak akan takut lagi dengan efek samping obat-obatan.

Ingat, sifat hati-hati itu sangat penting dimiliki, tapi jangan sampai sifat kehati-hatian ini malah menjadi beban pikiran. Ibu hamil tidak boleh stres, pasalnya ini akan memberikan dampak buruk bagi si kecil!

ibu menyusui mengonsumsi jamu herbal

Lifehacks!

komentar

0 komentar