Sehatkah Sendawa Terus Menerus?

ACTIVITIES | 18 FEBRUARI 2016
SHARE
71

Sendawa merupakan refleks fisiologis tubuh karena adanya gas atau udara dalam gaster atau esofagus secara berlebihan. Kebanyakan kondisi ini disebabkan karena udara yang tertelan bersamaan dengan waktu makan dan minum, atau ketika kamu makan secara cepat.

Selain itu, sendawa pun bisa terjadi ketika kamu terbiasa minum dengan menggunakan sedotan, mengonsumsi minuman kaleng, minuman beralkohol, minuman bersoda dan beberapa penyebab lainnya, seperti masuk angin dan lainnya.

Dengan kata lain, sendawa itu merupakan hal yang normal dan tidak perlu ditakutkan. Justru sebaliknya, terlalu memikirkan sendawa, bisa menyebabkan kamu stres dan hingga takut untuk makan. Yang paling ditakutkan, kamu akan kehilangan nafsu makan dan berisiko mengalami gangguan makan.

Lantas, bagaimana kalau kita terus menerus bersendawa?

Seperti dilansir dalam Livestrong, memang ada beberapa hal yang harus diwaspadai ketika kamu terus menerus bersendawa. Tentu saja ini akan diikuti dengan gejala-gejala lainnya. Misalnya gangguan Dispepsia, yang biasanya akan diikuti dengan kegiatan memuntahkan kembali makanan.

Selain itu, gangguan dispepsia pun bisa saja ditandai dengan gejala lainnya, seperti perut kembung, mual, merasa terlalu kenyang padahal makan hanya sedikit, kurang nafsu makan. Ganguan ini sendiri biasanya disebabkan karena stres, kebiasaan merokok dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Selain itu, sendawa secara terus menerus karena adanya gangguan pada esofagus. Kondisi ini biasanya terjadi dengan diiringi aliran asam lambung atau makanan yang berbalik dari isi perut menuju ke kerongkongan hingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Yang ketiga adalah maag, dimana sendawa ini terus menerus terjadi karena peningkatan jumlah asam lambung dalam perut. Untuk yang satu ini, biasanya sendawa tersebut akan datang dengan diiringi rasa mual dan muntah atau bahkan perut yang terasa melilit.

Sebenarnya, semua gangguan di atas tidaklah terlalu berbahaya, kecuali untuk maag. Hanya saja, untuk memastikan gejala sendawa terus menerus ini tidak membahayakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, ada juga lho sendawa yang menjadi gejala datangnya kanker. Lagian nggak salah kok kalau kamu lebih waspada, tapi jangan berlebihan ya!

activities aktivitas kebiasaan bersendawa terus

Lifehacks!

komentar

0 komentar