Panaskan Nasi dengan Cara Ini agar Tak Beracun!

ACTIVITIES | 03 APRIL 2017
SHARE
5020

Baru-baru ini sebuah penelitian terbaru dari Martin Goldberg, seorang ahli mikrobiologi, berhasil membuat kita terguncang. Bagaimana tidak, dalam penelitiannya ini Martin menyebut jika memanaskan nasi dalam justru bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Adalah bakteri Bacillus cereus, sosok menakutkan yang banyak ditemukan dalam nasi ternyata bisa bertahan selama proses pemasakan. Pada saat nasi dingin, otomatis spora ini akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Menurut Food Standards Agency, yang membuat nasi menjadi beracun sebenarnya bukan terletak pada pola memanaskannya, akan tetapi dari cara menyimpan nasi sebelum dipanaskan kembali. Saat nasi nggak disimpan dengan baik, hal ini akan memunculkan spora bakteri yang tahan terhadap pemanas.

Senada dengan Martin, seperti dilansir dalam The Independent, National Health Service (NHS) menyebut jika beras pada dasarnya mengandung spora dari bakteri Bacillus cereus. Dalam kadar tertentu, bakteri ini bisa memicu risiko keracunan makanan.

Menariknya, kalau nasi tersebut dibiarkan tetap dalam suhu tertentu setelah dimasak, secara tidak langsung kamu telah membiarkan spora tumbuh menjadi bakteri yang menyebabkan muntah dan diare.

Baca Juga: Manfaat Tersembunyi Jus Pepaya

Terus, gimana dong cara mengatasinya?

Menanggapi hal ini, The Food Standards Agency menyatakan kamu agar nasi yang masih panas, sebaiknya tidak langsung disimpan dalam kulkas. Cara terbaik adalah, membiarkan dulu nasi hingga 1 jam sebelum disimpan.

Selain itu, kamu pun bisa memanaskan kembali nasi yang telah disimpan, tapi sebaiknya proses pemanasan kembali ini tidak lebih dari sekali.

Selain dengan teknik pendinginan dalam suhu normal, kamu pun bisa mengukus kembali sisa nasi yang sudah dingin. Caranya, kamu bisa menyimpan nasi dalam mangkuk, kemudian tuangkan beberapa sendok makan kaldu dan mentega.

Setelah itu, kamu tinggal mengukusnya selama beberapa menit atau hingga nasi seperti baru masak lagi. Agar nasi tidak kering dan lengket, kamu boleh sesekali mengaduknya.

Alternatif lainnya, nasi sisa yang sudah dingin bisa kamu panaskan dengan cara menjadikan nasi goreng. Tapi harus diingat, gunakan minyak zaitun untuk menggorengnya. Selain itu, tambahkan juga bahan-bahan lezat lainnya, seperti sayuran, kacang polong, irisan daging ayam, dan telur.

Bagaimana, ternyata sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan nasi sisa!

home-featured

Lifehacks!

komentar

0 komentar