Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Mengurangi Kualitas Tidur

ACTIVITIES | 14 FEBRUARI 2016
SHARE
128

Selain makan dan minum, tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia. Dengan tidur, tubuh seolah diberi kesempatan untuk memperbaiki beberapa sel yang rusak, melancarkan sistem metabolisme tubuh, memperbaiki sistem memori, hingga mencegah terjadinya stres.

Selain harus memperhatikan kuantitas dari tidur (7-8 jam), kamu pun wajib memperhatikan kualitasnya. Nah, agar bisa mendapatkan seperti itu, sebaiknya hindari beberapa kebiasaan berikut ini yang ternyata dapat mengurangi kualitas tidur, seperti dilansir dalam webmd.

TV dan Smartphone

Benda-benda yang satu ini memang biangnya insomnia. Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Sleep, menyatakan jika smartphone, TV, dan video games, menempati urutan teratas sebagai penyebab masalah tidur anak remaja Amerika. So, mulai sekarang jauhkan segala macam gadget sebelum jam tidur datang.

Olahraga terlalu malam

Olahraga malam belakangan ini menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan olahraga harian, di tengah tingginya aktivitas sehari-hari. Hanya saja, olahraga secara berlebihan dan dilakukan terlalu malam, justru akan menimbulkan efek sebaliknya, kamu akan sulit tidur, dan berisiko terbangun di tengah malam karena kram kaki.

Banyak pikiran

Terlalu banyak hal yang dipikirkan akan membuat kamu sulit terpejam. Misalnya ketika kamu sedang kasmaran, atau justru baru patah hati. Selain itu, kebiasaan berkhayal dan lainnya, bisa menyebabkan waktu tidur kamu terpotong. Maka dari itu, sebelum tidur, sebaiknya kosongkan pikiran kamu merasa lebih tenang.

Makan berat

Mengonsumsi makanan beberapa jam sebelum tidur, tidak hanya akan meningkatkan risiko obesitas saja, tapi berisiko juga mengalami gangguan lainnya, seperti heartburn, begah dan lainnya, sehingga akan memicu kamu bangun di tengah malam. Solusinya, konsumsi sayuran, buah-buahan dan segelas susu hangat agar kamu tidak kelaparan menjelang tidur.

Alkohol

Memang benar konsumsi minuman beralkohol akan membuat kamu cepat mengantuk, tapi bukan berarti bisa mendatangkan kualitas tidur yang baik. Pasalnya, alkohol dapat meningkatkan adrenalin dan kegelisahan. Tidak hanya itu, alkohol pun dapat menyebabkan kamu dehidrasi, sehingga ketika bangun, kamu akan terlihat sangat kacau.

Bagaimana, sudah siap untuk tidur nyenyak dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan di atas?

activities kualitas tidur kebiasaan buruk

Lifehacks!

komentar

0 komentar