Inilah Alasan Kenapa Kamu Perlu Mengunyah Makanan dengan Baik

ACTIVITIES | 06 FEBRUARI 2016
SHARE
124

Entah karena alasan lagi buru-buru, atau memang sudah menjadi kebiasaan, banyak orang yang belakangan ini lupa cara makan sehat. Padahal, cara makan sehat, seperti mengunyah makanan hingga lembut dan tidak buru-buru, sama pentingnya dengan makanan sehat itu sendiri.

Selain berisiko mendatangkan masalah lambung yang terluka, mengonsumsi makanan secara buru-buru hingga tidak mengunyahnya dengan lembut, dapat menyebabkan sistem cerna bekerja lebih cepat dari biasanya. Tentu saja ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu, seperti dilansir dalam MedlinePlus, berikut merupakan alasan kenapa harus mengunyah makanan hingga lembut.

Nutrisi dan Energi Terserap Lebih Baik

Proses mengunyah makanan hingga lembut, akan membuat makanan menjadi partikel-partikel kecil, sehingga proses pencernaan makanan menjadi lebih mudah. Kondisi ini secara tidak langsung akan mempermudah nutrisi dan engeri terserap jauh lebih maksimal.

Menimbulkan Gangguan Sistem Cerna

Makanan yang masuk ke sistem pencernaan dalam kondisi masih kasar, akan membuat lambung dan sistem cerna lainnya bekerja lebih keras untuk menghancurkan makanan tersebut. kondisi ini akan semakin diperparah dengan masuknya gas lebih banyak, hingga menyebabkan perut begah dan lainnya.

Risiko Obesitas Semakin Besar

Sistem pencernaan, terutama perut, akan bekerjasama dengan otak untuk memberikan respons kenyang. Sayangnya, kondisi ini tidak terjadi secara instan. Alhasil, makan dengan cara buru-buru akan membuat kamu lebih rentan dengan obesitas karena rasa kenyang datang terlambat dan kamu akan tergoda untuk makan secara berlebih.

Tidak Peka Terhadap Sinyal Lapar dan Kenyang

Berdasarkan Peace Health Medical Group of Washington, menyebutkan jika orang yang makan terlalu cepat, berisiko tidak akan peka terhadap rangsangan sinyal rasa lapar dan kenyang. Kalau kebiasaan ini tidak diubah, kamu kemungkinan besar akan kehilangan sinyal rasa lapar dan kenyang sama sekali, dan berisiko menimbulkan kebiasaan makanan karena emosi, bukan karena sinyal tubuh dan otak.

Enjoy and Taste Your Food

Percuma kan makan di restoran mewah, tapi rasa lezat dari makanan yang disajikan tidak bisa kamu nimati? Makanya, agar kamu bisa menikmati seluruh bumbu dari makanan yang dihidangkan, mnegunyah secara perlahan merupakan kuncinya. Bahkan chef terkenal seperti Gordon Ramsay dan Graham Elliot, setuju jika rasa makanan bisa dinikmati hanya dengan makan secara perlahan.

So, bagaimana dengan kamu? Apakah masih malas untuk menguyah?

activities aktivitas mengunyah makanan

Lifehacks!

komentar

0 komentar