Herbal-herbal Ini Jika Salah Ditangani Bisa Menjadi Racun

ACTIVITIES | 15 JANUARI 2016
SHARE
379

Belakangan ini popularitas pengobatan tradisional semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan tingginya minat masyarakat untuk mengonsumsi obat herbal, yang diiringi dengan peningkatan tempat-tempat pengobatan herbal dan toko-toko yang menjual obat herbal.

Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang akhirnya memberanikan diri untuk meracik obat herbal sendiri di rumah dengan pengetahuan tentang bahan-bahan herbal yang sangat minim. Padahal di tangan yang salah, obat herbal malah bisa menjadi racun lho!

Berikut merupakan beberapa bahan herbal yang jika salah penangananya, bisa menjadi racun yang membahayakan orang yang mengonsumsinya.

Kecubung

Kecubung sebenarnya merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat, diantaranya ampuh untuk mengatasi asma, reumatik, bisul dan berbagai penyakit lainnya. Tapi sayangnya, jika diolah dengan cara yang salah, kecubung bisa membuat orang mengalami halusinasi, pusing hingga kematian.

Jarak

Jarak merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kanker serviks dan lainnya. Tapi ingat, biji jarak mengandung risin yang merupakan salah satu zat beracun yang akan menggumpalkan darah, dan menyebabkan kematian.

Bunga Oleander

Bunga Oleander merupakan salah satu bunga cantik kaya akan khasiat. Tapi sayang, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, menyatakan jika si cantik Oleander ini memiliki 847 jenis racun yang bisa dengan mudah membunuh manusia dalam takaran dosis tertentu.

Singkong Karet

Singkong merupakan salah satu sumber karbhidrat yang cukup populer di Indonesia. Tapi awas, jangan sampai anda mengonsumsi singkong karet. Pasalnya, tanaman ini mengandung cyanogenik glycoside, yang merupakan jenis racun yang akan berubah menjadi asam sianida dan HCN yang cukup mematikan.

Pohon upas

Jika biji upas kerap digunakan sebagai salah satu bahan herbal yang bersifat anti-disentri dan ampuh mengatasi radang usus, tapi pohonnya justru mengandung racun yang sangat mematikan. Bahkan di zaman dulu, getah upas kerap digunakan untuk meracuni anak panah karena racunnya yang sangat kuat.

Sebenarnya, masih banyak tanaman herbal lainnya yang memiliki khasiat melimpah, tapi mengandung racun jika tidak diolah dengan pengetahuan yang cukup. Untuk itu, lengkapi pengetahuan anda sebelum memutuskan untuk meracik obat herbal.

aktivities salah mengolah herbal herbal jadi racun

Lifehacks!

komentar

0 komentar