Benarkah Kebiasaan Menatap Layar Komputer Bisa Sebabkan Mata Minus?

ACTIVITIES | 31 MARET 2017
SHARE
209

Bukan hal yang aneh jika orang kantoran, setidaknya harus duduk selama 6 per hari di depan layar monitor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ini belum termasuk kamu yang sering lembur, atau sering menyela waktu dengan bermain games di PC.

Tapi mulai sekarang, mulailah bijak dalam menggunakan waktu di depan monitor. Pasalnya, ada dampak buruk yang harus kamu hadapi, terutama bagian mata yang cenderung mudah bermasalah.

Dilansir dalam The Huffington Post, dokter spesialis mata dari Universitas Wisconsin, Amerika, Melanie A.Schmitt, menyebut jika kebanyakan orang menyadari matanya terasa lelah dan pusing setelah berjam-jam menatap layar komputer, tapi mereka menganggap ini merupakan hal yang biasa.

Padahal banyak pakar yang menyebutnya jika kondisi yang lazim disebut sindrom penglihatan komputer atau kelelahan mata digital ini sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan mata minus..

Tidak hanya durasi duduk di depan layar monitor, sindrom penglihatan komputer pun bisa diakibatkan karena sistem penerangan yang buruk selama menggunakan komputer, cahaya yang menyilaukan dari layar, hingga posisi tubuh yang buruk.

Menurut Melanie, kebiasaan menatap layar monitor terlalu lama menyebabkan kedipan mata berkurang hingga 66 persen. Hal inilah yang membuat mata pun menjadi kering atau menghasilkan sensasi seperti terbakar, gatal-gatal hingga tergoda untuk menguceknya.

Lantas, gimana cara mengatasinya?

Mengenai hal ini, Melanie menyarankan kamu untuk lebih banyak berkedip, dan sesekali memalingkan pandangan ke arah luar. Usahakan untuk memandang ke arah pemandangan hijau, setidaknya per 2 jam sekali selama beraktivitas di depan komputer.

Baca Juga: Tenggorokan Terasa Gatal dan Tidak Nyaman? Segera Minum HerbaKOF!

Selain itu, berusahalah untuk menggunakan ruangan dengan penerangan yang cukup baik, dan jaga jarak pandangan agar tidak terlalu dekat dan pastikan garisnya lurus.

Agar lebih maksimal, kamu bisa mengikuti rumus 20-20-20, atau setiap 20 menit, berikan mata untuk istirahat selama 20 detik dengan menatap ke luar sejauh 20 kaki. Cara ini lebih banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan mata.

Di akhir pekan, manfaatkan waktu liburanmu untuk mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan hijau, seperti taman, pedesaan atau pegunungan. Dengan cara ini, matamu akan tetap sehat dan terhindar dari gangguan penglihatan. Selamat mencoba!

Lifehacks!

komentar

0 komentar